Job Hunt di Era Digital: Gak Ribet, Nih 5 Rekomendasi Situs Buat Cari Kerja Online alias WFH!

ยท

4 min read

Job Hunt di Era Digital: Gak Ribet, Nih 5 Rekomendasi Situs Buat Cari Kerja Online alias WFH!

Pertanyaan mengenai rekomendasi situs untuk mencari pekerjaan secara online alias Work From Home (WFH) bisa dibilang sangat relevan di era digital seperti sekarang. Ngomong-ngomong soal kerja online, pasti kita gamau yang ribet-ribet. Nah, kali ini gue bakal ngasih tau beberapa situs yang keren buat lo yang lagi nyari kerja online atau WFH. Biar ga bingung dan makin gampang dapet job impian!

1. LinkedIn: Bukan Sekadar Nge-Add Temen, tapi Juga Cari Pekerjaan

LinkedIn udah kayak ladang emas buat para job seekers. Bukan cuma buat nge-add temen atau mantan temen kuliah, tapi juga bisa jadi lahan subur buat cari pekerjaan. Di LinkedIn, lo bisa bikin profil lengkap tentang diri lo, mulai dari pengalaman kerja, keahlian, sampe proyek-proyek yang pernah lo kerjain. Kalo lo aktif, lo bakal makin keliatan di mata recruiter. Mereka bisa liat profil lo, ngeliat kesesuaian keahlian, trus langsung kontak kalo lo jagoan yang mereka cari.

Situs ini juga sering nge-share info lowongan kerja dari berbagai perusahaan, termasuk yang lagi ngebutuhin karyawan remote atau yang bisa kerja dari rumah. Jadi, jangan hanya asal nge-add temen, tapi jadikan LinkedIn sebagai wadah buat mengekspresikan profesionalisme lo dan menjaring peluang kerja yang lebih luas.

2. Remote OK: Pilihan Tepat Buat Pekerja Jarak Jauh

Buat yang bener-bener mau kerja jarak jauh, situs Remote OK bisa jadi opsi pertama. Nama situsnya aja udah nunjukin kalau mereka serius ngehadirin lowongan pekerjaan yang cocok buat yang pengen kerja dari jauh. Di sini, lo bisa temuin berbagai macam pekerjaan mulai dari software development, design, marketing, sampe customer support yang bisa lo lakukan tanpa harus dateng ke kantor.

Keunikan Remote OK adalah mereka punya fitur "Remote Companies" yang ngumpulin daftar perusahaan-perusahaan yang open minded dengan sistem kerja remote. Gak cuma itu, ada juga "Remote Work Tips" yang bisa jadi panduan buat lo yang masih baru dalam dunia remote working. Jadinya, bukan cuma nyari kerja aja, tapi juga dapat pengetahuan lebih tentang cara sukses kerja dari jauh.

3. Upwork: Freelance Heaven buat Jagoan-Jagoan Pemula

Buat yang lebih suka gaya kerja freelance, Upwork bisa jadi surga banget. Di sini, lo bisa dapet job dari client-client yang butuh jasa lo. Upwork punya berbagai kategori, mulai dari penulisan, desain, programming, sampai marketing. Jadi, gak peduli lo jago di bidang apa, pasti ada yang nyari skill lo.

Yang bikin Upwork unik adalah sistem "bid" yang mereka punya. Lo bisa ngasih penawaran ke client yang lagi cari pekerja, dan kalo mereka suka, lo dapet job. Ini bisa jadi peluang buat lo yang baru banget masuk dunia kerja online. Bukan cuma itu, Upwork juga sering memberikan program pelatihan dan webinar buat ngebantu lo meningkatkan skill dan pengetahuan lo di bidang yang lo tekuni.

4. JobStreet: Tetap Update, Tetap Eksis

Meskipun udah lama berdiri, JobStreet masih jadi pilihan favorit buat banyak orang yang lagi nyari kerja, termasuk yang pengen kerja online. Gak perlu khawatir, karena JobStreet juga banyak menawarkan lowongan pekerjaan dengan skema kerja dari rumah. Sistem pencarian yang canggih juga bakal bantu lo nyari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian dan pengalaman lo.

Keunggulan JobStreet adalah banyaknya perusahaan besar dan ternama yang menggunakan platform ini untuk mencari talenta. Jadi, gak ada salahnya buat tetap eksis di JobStreet, update profil secara berkala, dan siap-siap aja buat dapet panggilan interview dari perusahaan-perusahaan keren.

5. Fiverr: Dari Micro Jobs Sampai Pro, Semuanya Ada

Fiverr bisa dibilang surganya micro jobs. Di sini, lo bisa menawarkan berbagai jasa mulai dari penulisan artikel, pembuatan desain, voice over, sampai tarot reading (ya, beneran). Uniknya, semua jasa dihargai mulai dari 5 dollar, sesuai dengan nama situsnya.

Fiverr cocok buat lo yang punya keahlian unik dan bisa dibutuhkan orang. Gak perlu khawatir kalau lo baru pemula, karena lo bisa membangun reputasi dan portfolio melalui platform ini. Selain itu, gak perlu modal besar buat mulai, cukup modal skill dan kreativitas, lo udah bisa menawarkan jasa lo ke seluruh dunia.

Dengan berbagai pilihan situs yang ada, lo bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan minat lo. Ingat, cari kerja itu ga harus ribet dan serius terus, kadang-kadang kita juga butuh sentuhan humor dan kekreatifan buat memperkenalkan diri kita kepada dunia. Semoga dengan rekomendasi ini, lo bisa lebih mudah nyari kerja online atau WFH yang sesuai dengan passion lo!

ย