Laki-Laki Pelit: Bedanya dengan Perhitungan dan Cara Mengenalinya!

ยท

9 min read

Laki-Laki Pelit: Bedanya dengan Perhitungan dan Cara Mengenalinya!

Bro, jangan ngaku jagoan kalau nggak pernah ketemu sama laki-laki pelit. Ya, siapa sih yang nggak kenal sama tipe cowok yang gak mau ngeluarin duit alias pelit? Tapi, tunggu dulu! Ada bedanya lho antara pelit sama perhitungan. Nah, di artikel ini, gue bakal bahas tentang ciri-ciri laki-laki yang pelit dan apa bedanya dengan yang cuma hitung-hitungan.

1. Hemat Sampai ke Tulang Belulang

Cowok yang pelit tuh kayaknya gak mau lepasin uang dari genggaman dompetnya, ya bro. Mereka tuh bisa jadi hematnya sampe ke level bener-bener ekstrim, seolah-olah nggak mau nafas deh kalo harus keluarin duit. Buat hal-hal sepele aja, kayak beli minum atau makan sama temen, mereka bisa mikir seribu kali sebelum nurunin uang dari saku.

Mereka tuh biasanya bakal cari alasan macem-macem buat gak ikutan bayar atau bahkan ngitung-ngitungin detil pecahan uang. Padahal, duit yang mereka punya lebih dari cukup dan gak bakal bikin pincang kalo dikorbanin sedikit. Intinya, mereka tuh hematnya ampe minta ampun, bro!

Jadi, kesimpulannya, cowok pelit ini tuh bener-bener kebangetan deh sampe level tulang belulang. Nggak heran kalo mikirin uang ampe setitik, karena memang hidupnya kayak ngelewatin medan ranjau kalo soal ngeluarin duit.

2. Ketat Sampai Nyaris Jadi Sumo

Bro, lu tau gak, ada cowok-cowok yang iritnya setara sama sumo? Gila, kan! Mereka tuh bisa jadi kayak sumo yang ngontrol pengeluaran sampai detil banget. Gak mau ada uang keluar dengan sia-sia, entah buat makan, belanja, atau hiburan. Pokoknya, semuanya dihitung-hitung sampe bikin pusing.

Kalo temen-temennya pada ajak jalan-jalan atau makan di tempat mewah, mereka langsung bilang no atau nyari alesan buat nggak ikutan. Padahal, bisa aja ikut tanpa harus keluar banyak duit. Tapi ya gitu deh, pelit udah jadi darah daging mereka, kayaknya.

Dari lahir udah bawaan, kayaknya. Gak tahan liat uang keluar tanpa alasan yang bener. Coba aja ngajakin jalan, pasti pada nolak atau bilang, "Ah, males deh, mending di rumah aja." Mungkin kalo buat mereka, duit itu lebih nikmat dipandang dari pada dipake. Rasain aja, tiap kali nawarin jalan, pasti deh jawabannya bakal bikin lu nyengir, "Nggak, thanks. Gue lagi hemat nih, buat apa aja." Makanya, kadang kesempatan buat seru-seruan sama mereka bisa kelewat sayang. Tapi ya mau gimana lagi, itu udah jadi kodrat mereka.

3. Perhitungan yang Berlebihan

Yak, memang sih, urusan perhitungan dan pelit tuh beda tipis, tapi nggak sama, ya bro? Jadi, coba bayangin, cowok yang punya perhitungan biasanya emang jago banget urusin duit, tapi nggak sampai jadi pelit kayak gitu. Mereka tuh bisa banget, misalnya, nyicil makan temen atau beliin kado buat pacar tanpa mikirin banget untung-ruginya.

Nah, perhitungan itu lebih kayak jadi pintar atur duit dengan bijak, bukan cuma karena mikirin ngirit-ngirit terus sampe nangis. Jadi, mereka tuh bisa banget ngeluarin duit buat hal-hal yang penting atau kasih sumbangan ke orang lain tanpa mikirin balas jasa atau untungnya langsung.

Jadi, intinya, mereka bisa pandai banget ngatur duit, tapi juga nggak pelit-pelit amat. Gitu deh, bro, beda tipis tapi tetep beda.

4. Nggak Pernah Bayar Patungan

Cowok pelit biasanya tuh sering banget males bayar patungan, ya. Mereka kayaknya punya alasan buat nggak mau ikutan bayar, bro. Kadang-kadang malah mereka bakal ngilang atau pura-pura lupa aja. Pokoknya, mereka tuh sibuk deh ngitung-ngitung dan nyari alasan biar gak perlu keluar duit banyak.

Padahal, kan bayar patungan itu udah jadi bagian dari norma sosial, tapi ya nggak peduli lah sama aturan-aturan gitu, mereka. Yang penting buat mereka itu tetep ngirit dan nggak rugi sedikit pun.

Gimana ya, bro, susah juga ngajak orang kayak gitu buat patungan. Mereka tuh kayaknya nggak ngerasa gimana ribetnya buat yang lain, yang penting buat mereka tuh cuma ngirit aja.

Tapi ya, mau gimana lagi, itu kan udah jadi sifatnya. Kita juga harus bijak, bro, ngadepin orang-orang kayak gitu. Mungkin cara terbaiknya, kita bisa ngasih pengertian aja, tapi ya nggak usah kelewat serius juga, biar nggak tegang suasana. Lagian, hidup kan harus tetep enjoy, nggak perlu dibawa-bawa masalah yang kecil-kecil kayak gitu terus. Yang penting, kita tetep jadi diri sendiri dan tetep santai aja, bro.

5. Sering Mencari Diskon dan Promo

Bro, ada satu lagi ciri khas nih dari cowok pelit yang gak bisa kita lewatkan, yaitu kecenderungan mereka buat selalu nyari diskon dan promo. Gak bisa dipungkiri, mereka itu kayak detektif harga murah yang siap ngelakuin apa aja demi dapetin barang atau layanan dengan harga terendah, meskipun kadang harus rela nerima kualitas atau pelayanan yang kurang oke.

Jadi, kalo lo perhatiin, mereka itu kayak pahlawan hemat yang selalu on hunting mode buat cari diskon di segala tempat, mulai dari belanja online sampe ke toko-toko langganan. Gak jarang mereka juga suka banget pake kupon atau kode promo buat dapetin potongan harga. Buat mereka, setiap rupiah yang berhasil mereka hemat adalah kemenangan besar yang layak buat dirayain.

Nah, gimana enggak, sih? Kalo bisa dapet barang yang sama tapi dengan harga lebih murah, siapa yang gak seneng, kan? Jadi wajar aja kalo cowok pelit selalu on fire buat nyari diskonan di mana-mana. Toh, buat mereka, uang yang berhasil mereka hemat itu bisa dipake buat hal-hal lain yang mungkin lebih penting atau buat nabung. Jadi, boleh lah ya, kita kasih apresiasi buat semangat mereka dalam mencari harga murah!

6. Enggan Membayar Utang atau Hutang

Yah, cowok pelit emang seringnya nggak mau bayar utang, ya. Kayaknya mereka tuh selalu cari alasan buat ngulur-ngejar waktu bayar, biar bisa nunda-nunda pembayaran. Terus, bisa juga pura-pura lupa gitu, deh, kalo ada utang yang harus dibayar.

Gak ada deh semangat buat ngelempar duit lebih, meskipun itu buat bayar utang ke temen atau keluarga. Mereka tuh kayaknya mikir, setiap rupiah yang keluar tuh harus dikalkulasi habis-habisan, dan pokoknya harus diirit sebisa mungkin.

Jadi ya gitu deh, cowok pelit ini kayaknya bener-bener sayang banget sama uangnya. Sampe-sampe, bayar utang aja harus dipertimbangkan dengan teliti. Kayaknya ngerasa rugi gitu kalo uangnya udah keluar dari saku.

Pokoknya, mereka ini tuh selalu ngeliat ke uangnya dulu sebelum ngeliat ke butuhannya orang lain. Mungkin juga karena merasa kalo nabung itu prioritas utama, ya. Jadi, kalo soal bayar utang, mungkin buat mereka itu kayak angin-anginan aja, deh.

7. Selalu Menjadi Pihak yang Paling Untung

Nah, jadi gini bro, laki-laki yang pelit itu kebanyakan punya ciri khas yang gak bisa dipungkiri. Mereka tuh selalu pengen dapet untung maksimal dari segala situasi, bro. Apa aja deh, dari transaksi kecil sampe kesepakatan gede, mereka bakal cari cara buat menggebrak duit sebanyak mungkin, tanpa pikirin sama untung-untungan bersama atau kebutuhan orang lain.

Mereka tuh bener-bener cuek sama temen-temen. Rugi, kena tipu, apa aja bisa terjadi, yang penting buat mereka cuma satu: hemat duit. Pokoknya, bisa dibilang, mereka kayak superhero hemat duit, tapi sayangnya, bukan superhero yang berguna buat dunia. Bahkan, kadang-kadang mereka pelit banget sampe gak mau kasih pujian atau penghargaan ke orang lain. Mereka takut banget itu bisa bikin mereka keluarin duit yang gak perlu, bro.

Jadi, intinya, laki-laki pelit itu kayak pengusaha kedai kopi yang ngecilin porsi kopi buat tetep untung, tapi sayangnya, bukan buat kebaikan semua orang. They're all about the money, bro, dan sayangnya, bukan dalam cara yang keren.

8. Terlalu Mengutamakan Uang daripada Hubungan

Bro, lo tau kan tipe cowok yang serba pelit? Yap, mereka itu yang kebangetan fokusnya sama duit daripada hubungan sosial atau emosional. Buat mereka, duit itu kayak raja segalanya, sampe bisa ngalahin kebutuhan buat hubungan yang hangat sama orang lain.

Jadi, daripada bikin jalinan yang kuat sama temen atau pasangan, mereka lebih milih nabung duit. Bahkan, gue pernah liat mereka rela ngorbanin persahabatan atau cinta cuma demi masalah uang. Gak kebayang kan, kayak gimana jadinya kalo yang bener-bener penting dalam hidup cuma nomer satu: uang.

Mereka itu kayaknya kalkulator berjalan, bro. Segala sesuatu diukur pake hitungan matang, termasuk hubungan sama orang lain. Emang, mereka tuh peduli banget sama jumlah di rekening, tapi kadang ampe lupa sama perasaan atau kebutuhan orang di sekitar mereka. Yang penting buat mereka, selama bisa nabung banyak, urusan sosial-emotional bisa ditinggal di pojokan.

Intinya, bagi tipe cowok pelit ini, uang itu segalanya, dan bener-bener segala sesuatu bakal dihitung demi satu tujuan: nambah saldo bank.

9. Tidak Bisa Menikmati Hidup dengan Santai

Bro, coba lu perhatiin deh, laki-laki yang pelit itu seringkali susah banget buat santai atau menikmati hal-hal simpel dalam hidup, ya. Mereka kayaknya lebih fokus mikirin duit dan cara buat ngirit tiap detik, jadinya jadi susah banget buat bener-bener merasain momen-momen kecil yang bisa bikin hidup jadi lebih asik.

Buangeet, bagi mereka, hidup tuh kayak misi ngeruk duit terus ngejagain ampe setumpuk. Gak ada ruang buat menikmati pengalaman atau bikin memorinya yang berkesan. Malah jadi lebih fokus buat nabung dan ngerasain kecemasan terus menerus kalo uangnya berkurang.

Ya ampun, gimana bisa happy dan puas kalo pikiran cuma nyasar ke duit mulu? Mereka kayaknya ketinggalan banget dalam hal menikmati hidup yang sebenernya simpel dan indah. Yang ada, hidup mereka jadi kayak rutinitas terus, gak ada kebebasan buat menikmati setiap momen tanpa pikiran soal uang.

Jadi, daripada sibuk ngitung recehan terus mikirin duit mulu, mending lu nikmati hidup dengan cara yang lebih santai, bro. Emang sih penting nabung, tapi jangan sampe lupain buat menikmati momen-momen kecil yang bisa jadi kenangan berharga, kan?

10. Kurangnya Empati dan Kedermawanan

Bro, jadi, ada satu ciri akhir dari cowok pelit yang bikin kesel banget, yaitu nih, mereka tuh bener-bener kekurangan empati sama kedermawanan. Gak ada nyali buat ngerasain apa yang orang lain rasain, gitu. Mereka kayak abis berenang di kolam rasa egois yang super dalam, tau! Semua fokusnya cuma buat diri sendiri, sampe-sampe kayak punya kaca mata yang bikin mereka gak bisa ngeliat keperluan atau perasaan orang lain.

Gimana dong, bro? Mereka gak bakal nunjukin support atau bantuan ke orang lain kecuali kalo ada keuntungan yang bisa mereka dapetin. Bener-bener gak peduli sama masalah atau penderitaan yang orang lain alamin, pokoknya selama mereka bisa nabung duit atau dapet untung dari situ.

Jadi, ya gitu deh, bro. Pokoknya jangan nyari perasaan atau kepedulian dari cowok pelit, karena bisa jadi mereka lebih sibuk ngitung receh-receh daripada mikirin perasaan orang lain. Hemat sampai ke empathetic system, gitu katanya.

Kesimpulan: Pelit atau Cuma Hitung-hitungan?

Nah, bro, gini nih, pelit dan perhitungan itu sebenarnya beda lho, tapi memang ada hubungannya. Jadi, cowok yang pelit tuh biasanya kayak suka ngejar-ngejar duit banget, sampe-sampe jadi kikir banget gitu. Mereka tuh kadang egois dan kurang peduli sama perasaan orang lain, karena terlalu fokus nyari cara buat nyimpen duit dan ngitung-ngitungnya terus, tanpa peduliin kebutuhan orang lain.

Nah, sementara cowok yang cuma perhitungan, beda lagi. Mereka biasanya lebih pintar dan wise dalam ngatur duit, tapi enggak sampe kikir banget gitu. Mereka bisa ngerasa pentingnya bagi-bagi sama nerima dalam hubungan sosial, dan nggak terlalu over sama uang. Jadi, mari kita lebih cerdas dalam ngatur uang dan bikin hubungan yang sehat sama orang lain, ya!

Intinya, jangan sampe terlalu fokus pada duit sampe lupa sama perasaan orang lain, tapi juga jangan sembarangan ngatur uang. Kita bisa kok jadi lebih wise dan balanced dalam hal itu. Yang penting, nggak perlu pelit banget atau cuma mikirin duit terus, bro!

ย